0
Comments
SEJARAH PALANG MERAH REMAJA KELOMPOK SMAN 2 CIREBON


Lahirnya Palang Merah Remaja kelompok SMA Negeri 2 Cirebon bermula pada bulan September 1983. Bapak Abdul Mu’in guru Olah Raga di SMA Negeri 2 Cirebon menjabat sebagai kepala seksi PMR di PMI Cabang Kotamadya Cirebon mendapat memo untuk mengkoordinir pembentukan PMR di Kotamadya Cirebon. Sasaran utama pembentukan PMR adalah SMA Negeri 2 Cirebon.
Karena kesibukan-kesibukan, beliau memanggil salah satu siswa dari kelas III IPA, yaitu Kak Taryadi, untuk membantu merintis pembentukan PMR di SMA Negeri 2 Cirebon. Hal ini mengalami penundaan karena Taryadi disibukkan oleh tugas-tugas utama selaku pelajar kelas II SMA Negeri 2 Cirebon.
Pada waktu yang dianggap tepat, yaitu pada tanggal 12 September 1983 Taryadi mengumpulkan siswa kelas I yang berminat mengikuti organisasi PMR dan acara tersebut dihadiri oleh 18 orang siswa kelas I. Taryadi merintis pembentukan PMR di SMA Negeri 2 Cirebon. Pertemuan-pertemuan dilanjutkan hanya dihadiri oleh 18 orang siswa kelas I. Pertemuan itu berhasil membentuk kepengurusan PMR dan terpilih sebagai ketua Pengurus Harian yang pertama adalah Yudi Wahyudi.
Dengan pengalaman Kepalangmerahan yang masih sederhana Yudi Wahyudi dan 17 rekannya mendirikan PMR di SMA Negeri 2 Cirebon dan berusaha untuk mendapatkan pengakuan dari sekolah dan PMI Cabang Kotamadya Cirebon.
Akhirnya melalui perjalanan panjang dan disertai usaha yang tidak pernah lelah pada tanggal 28 Agustus 1984 PMI Cabang Kotamadya Cirebon mengeluarkan Surat Keputusan Pembentukan dan Peresmian PMR SMA Negeri 2 Cirebon dengan ketua Pengurus Harian yang pertama adalah Yudi Wahyudi.
Kemudian pada Musyawarah Pertama PMR SMA Negeri 2 Cirebon, menetapkan bahwa tanggal 28 Agustus 1984, dijadikan sebagai berdirinya PMR Kelompok SMA Negeri 2 Cirebon.
Pada Musyawarah tahun 1995 PMR SMA Negeri 2 Cirebon diubah menjadi PMR SMU Negeri 2 Cirebon, sesuai dengan pengubahan nama SMA menjadi SMU.